assalamualikum,
kali ini saya akan posting tentang jenis-jenis kawasaki ninja 2 stroke yang pernah mendarat di indonesia.
maaf sblumnya kalau tulisan saya kurang memuaskan maklum msih junior
siapa yang tidak kenal dengan motor ninja 2 tak asal pabrikan kawasaki, dengan senjata pamungkas yang di miliki si pabriakn hijau ini yaitu super kips nya yang mampu membuat para pengendaranya merasakan speed yang lumayan buat jatung berdetak kecang,
kawasaki ninja pertama kali mendarat di indonesia pada tahun
1996 (kode produksinya kr 150 c :dengan kode mesin 1855)
tahun 1997 kawasiki ninja 150 (kode produksi kr 150 j:dengan kode mesin 1855)
pada tahun 2002 kawasaki ninja 150 built up ;langsung dari tahiland (kode produksi kr 150 k:kode mesin 1878) dan katanya produksi akan di hentikan pertenggahan tahun 2015, tenang sparepart akan ada sampai 10 tahun kedepan.
tahun 2006, kawsasaki mengadopsi super KIPS, HSAS dan catalytic convereter, akan tetapi kode mesin berubah menjadi 1855, berbeda antara kode mesin 1855 dan 1878 tetapi di antara keduanya memilki kelebihan dan kekerungan.
1. kawasaki ninja RR 150cc

Ninja 150RR Special Edition ini memiliki mesin kapasitas 150cc dengan 2 langkah (2 tak). Mesinnya juga dilengkapi dengan 1 silinder dan Cranked case, Reed Valve, KIPS, HSAS yaitu teknologi mesin terbaru dari Kawasaki yang membuat motor ini semakin powerful. Maksimum tenaga yang dapat dihasilkan Ninja 150RR SE adalah sebanyak 21 KW / 11000 RPM dan mempunyai torsi maksimal sebanyak 20 Nm / 9.000 RPM. spesifikasi Kawasaki Ninja 150RR Special Edition secara lengkap pada tabel di bawah ini. Yuk langsung dibaca saja pemirsa spesifikasinya.
Mesin Kawasaki Ninja 150RR Special Edition | |
Tipe : | 2 – langkah, 1 silinder, Cranked case, Reed Valve, KIPS, HSAS |
Maksimum Power : | 21 KW / 11.000 RPM, EURO II |
Torsi Maksimum : | 20 Nm / 9.000 RPM, EURO II |
Karburator : | Mikuni Vm 28 |
Diameter x Langkah : | 59,0 x 54,4 mm |
Volume Silinder : | 149 cm3 |
Sistem Pendinginan : | Pendingin dengan air |
Perbandingan Kompresi : | 6,9 : 1 |
Frame Kawasaki Ninja 150RR Special Edition | |
Suspensi Depan : | 41 mm Telescopic Fork |
Suspensi Belakang : | Monoshock Suspension |
Rem Depan : | Rem Cakram Twin Port |
Rem Belakang : | Rem Cakram Twin Port |
Ban Depan : | 90/90 – 17 49S Tube-Type |
Ban Belakang : | 110/80 – 17 57S Tube-Type |
Panjang x Lebar x Tinggi : | 1930 mm x 720 mm x 1095 mm |
Jarak Poros Roda : | 1.305 mm |
Jarak ke Tanah : | 145 mm |
Berat : | 134 kg |
Kapasitas Bensin : | 10.8 Liter |
Drivetrain Kawasaki Ninja 150RR Special Edition | |
Jumlah Transmisi : | 6 – Speed |
Rasio Gigi Ke-1 : | 2.700 (27 / 10) |
Rasio Gigi Ke-2 : | 1.706 (29 / 17) |
Rasio Gigi Ke-3 : | 1.300 (26 / 20) |
Rasio Gigi Ke-4 : | 1.091 (24 / 22) |
Rasio Gigi Ke-5 : | 0.952 (20 / 21) |
Rasio Gigi Ke-6 : | 0.864 (19 / 22) |
Tipe System Final Drive : | Chain Drive |
Drive Rasio Keseluruhan : | 7.874 @ Top Gear |
Kapasitas Oli Samping : | 0.8 Liter |
Sistem Pelumasan Oli : | Oil Injection |
Kapasitas Coolant : | 1.3 Liter |
2. kawasaki ninja L/R 150cc

Motor Sport keren keluaran kawasaki ini menjadi incaran para kalangan
anak muda masa kini, selain keren performa mesin motor kawasaki ninja
ini cukup mantap, Tampilan motor ini sangat garang dengan teknologi
Super KIPS dan HSAS dan saya yakin anda ingin mencoba motor sport yang
satu ini.
Mesin
Type : 2-TAK, CRANKCASE REEDVALVE, SUPER KIPS, HSAS
Maximal Power : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maximal : 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator : Mikuni VM 28
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4 mm
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Type : 2-TAK, CRANKCASE REEDVALVE, SUPER KIPS, HSAS
Maximal Power : 22,1 KW ( 30,1 PS ) / 10.500 RPM
Torsi Maximal : 21,6 Nm / 9.000 RPM
Karburator : Mikuni VM 28
Diameter x Langkah : 59,0 x 54,4 mm
Perbandingan Kompresi : 6,8 : 1
Suspensi Depan : Telescopic Fork Supension
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Rem Cakram Twin Port
Rem Belakang : Rem Cakram Twin Port
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.975 mm x 719 mm x 1.090 mm
Jarak ke Tanah : 145 mm
Berat Total : 124,5 kg
Kapasitas Bahan Bakar : 10.8 Liter
Suspensi Belakang : Monoshock Suspension
Rem Depan : Rem Cakram Twin Port
Rem Belakang : Rem Cakram Twin Port
Panjang x Lebar x Tinggi : 1.975 mm x 719 mm x 1.090 mm
Jarak ke Tanah : 145 mm
Berat Total : 124,5 kg
Kapasitas Bahan Bakar : 10.8 Liter
Jumlah Transmisi : 6 Speed
Kapasitas Oli Samping : 1 liter
Kapasitas Coolant : 1.3 Liter
Kapasitas Coolant : 1.3 Liter
Kekurangan Motor Ninja 150 R.
Lumayan pegal untuk dibawa jarak jauh apalagi mempunyai tubuh yang tidak
terlalu tinggi karena jarak stang dengan Jok Rider lumayan jauh
Bahan bakar Boros , untuk segi bahan bakar menurut saya wajar dan jangan
disamakan ketika anda membawa Motor matic karena kapasitas mesin saja
sudah beda.
3. kawasaki ninja ss 150cc
Kawasaki Ninja SS merupakan motor sport dengan desain yang sporty dan garang yang mengusung teknologi Super KIPS dan HSAS. Ninja SS memiliki bobot yang ringan serta body yang aerodinamis.
Kawasaki Ninja SS dibekali mesin kapasitas 150cc, 2-Tak,
Crankcase Reedvalve, Super Kips, HSAS dan dilengkapi dengan transmisi 6
percepatan, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 22,1 KW ( 30,1 PS )
pada 10.500 RPM dan torsi maksimum 21,6 Nm pada 9.000 RPM
Spesifikasi Kawasaki Ninja SS
Type | 2-langkah , 1silinder , Cranked caase Reed-Valve , KIPS , HSAS | |||
Maksimum Power | 30,1 PS (22,1 KW) / 10.500 RPM | |||
Torsi Maksimum | 20,5 NM (2,09 kgfm) / 9.500 RPM | |||
Karburator | keihin PWL 26 | |||
Diameter | 59,00 x 54,4 mm | |||
Volume silinder | 148 cm3 | |||
Sistem Pendinginan | Pendingina Dengan Air | |||
Perbandingan kompresi | 6,8 : 1 | |||
Jumlah transmisi | 6-speed , constant mesh , return shift | |||
Rasio gigi | ke-1 2.700 (27/10) | |||
ke-2 1.706 (29/17) | ||||
ke-3 1.300 (26/20) | ||||
ke-4 1.091 (24/22) | ||||
ke-5 0.952 (20/21) | ||||
ke-6 0.864 (19/22) | ||||
Rasio reduksi | 3.000 (42/14) | |||
Drive rasio keseluruhan | 8.479 @ Top Gear | |||
Sistem Pelumasan Oli | Oli Injection | |||
Kapasitas oli samping | 0.8 liter | |||
Kapasitas Coolant | 1.3 liter | |||
Suspensi depan | Telescopic fork suspension | |||
Suspensi belakang | Monocross suspension | |||
Rem depan | Rem cakram twin port | |||
Rem belakang | rem cakram twin port | |||
Ban depan | 2,75-17 4PR Tube-type | |||
Ban belakang | 3,00-18 4PR Tube-type | |||
Panjang x Lebar x Tinggi | 1955mm x 705mm x 1070mm | |||
Jarak poros roda | 1.325mm | |||
Jarak ketanah | 140mm | |||
Berat | 124kg | |||
Kapasitas Bensin | 8,2 Liter | |||
Baterai | 12V 3 Ah |
4. kawasaki ninja s 150cc
Type | 2-langkah , 1silinder , Cranked caase Reed-Valve , KIPS , HSAS | ||
Maksimum Power | 30,1 PS (22,1 KW) / 10.500 RPM | ||
Torsi Maksimum | 20,5 NM (2,09 kgfm) / 9.500 RPM | ||
Karburator | keihin PWL 26 | ||
Diameter | 59,00 x 54,4 mm | ||
Volume silinder | 148 cm3 | ||
Sistem Pendinginan | Pendingina Dengan Air | ||
Perbandingan kompresi | 6,8 : 1 | ||
Jumlah transmisi | 6-speed , constant mesh , return shift | ||
Rasio gigi | ke-1 2.700 (27/10) | ||
ke-2 1.706 (29/17) | |||
ke-3 1.300 (26/20) | |||
ke-4 1.091 (24/22) | |||
ke-5 0.952 (20/21) | |||
ke-6 0.864 (19/22) | |||
Rasio reduksi | 3.000 (42/14) | ||
Drive rasio keseluruhan | 8.479 @ Top Gear | ||
Sistem Pelumasan Oli | Oli Injection | ||
Kapasitas oli samping | 0.8 liter | ||
Kapasitas Coolant | 1.3 liter | ||
Suspensi depan | Telescopic fork suspension | ||
Suspensi belakang | Monocross suspension | ||
Rem depan | Rem cakram twin port | ||
Rem belakang | rem tromol | ||
Panjang x Lebar x Tinggi | 1955mm x 705mm x 1070mm | ||
Jarak poros roda | 1.325mm | ||
Jarak ketanah | 140mm | ||
Berat | 124kg | ||
Kapasitas Bensin | 8,2 Liter | ||
Baterai | 12V 3 Ah |
Ninja L/R 150 karbu bawaan mikuni 28 ya boss???
BalasHapusKeihin 26 Mm bos
HapusNinja rr baru mikuni 28mm
Pe 28
BalasHapusMas ninja ss 150 tahun 2002 itu udh superkips apa belum ya?
BalasHapusBelum mas
HapusSuper kips pertama kalai di terapkan di ninja rr tahun 2006
Ninja r atau ss 2006 ke atas baru super kips kalau 2005 kebawa masih kiss
BalasHapusfungsi baut kuning d kepala selinder buat ap ya.makasih untukninja masih kiss
BalasHapusBeda nya kiss sama kips apa ya...terus gunanya untuk apa. Ya....maklum masih belum paham
BalasHapusKalau kiss ga punya daya hentak sebesar kips, karena kips kayak semacam turbo gitu. Awalan menang kips. Tapi jarak jauh menang kiss, karena daya hentaknya perlahan dan jauh lebih lama untuk jarak jauh. Itu aja sih bedanya. Dan untuk karbu sama kayak SS, pake PWL26, cuman kodenya beda. Dan di karbunya sendiri ada perbedaan kalau ga salah, ga tau di skep ga tau di jarum, belum memperdalam heheheh....
HapusNinja 150 KIS (KR 150C & J) secara performa kalah dari Ninja 150R/SS KIPS (KR 150L, M, & N)
HapusKalo yang Ninja 150 KRR (KR 150K & KR 150P) lebih gila lagi karna perbedaannya bukan hanya dikarbu
kalau ninja KR 150 K itu langsung dari thailand, brarti produksi thailand ya kak??
BalasHapusOh iya ninja ane tahun 1997 (Ninja R 150 J) bedanya apa ya sama yang lain?, Kabar angin yg ane denger kalau 96-97 itu daleman mesin asli dari Jepang? Terimakasih sebelumnya
BalasHapus99% sparepart original Ninja 150 itu Made In Japan blok 1855 aja itu dari Jepang
Hapus